Kamis, 21 Oktober 2010

PostHeaderIcon Identifikasi SWOT Coca Cola dan Pepsi Cola







Analisis SWOT adalah Indentifikasi berbagai faktor secara sistematis unutk merumuskan strategi perusahaan. Tujuan dari analisis SWOT itu sendiri adalah dilakukan unutk mengidentifikasi kondisi internal dan ekternal yang terlibat sebagai inputan untuk perancangan proses sehingga proses yang dirancang dapat berjalan dengan efesien dan efektif. Analisis SWOT dapat dilakukan dari dua pihak yaitu pihak Internal dan Eksternal Perusahaan. kedua faktor ini harus di pertimbangkan dalam melakukan analisis SWOT.

Analisis SWOT teridiri dari 4 ( empat ) komponen yang terdiri dari:

1.        Streangth ( S ) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi program pada saat ini di suatu perusahaan.

2.       Weakness ( W ) adalah situasi / kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.

3.       Opportunity ( O ) adalah situasi / kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.

4.      Therat ( T ) adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat menggunakan eksistensi organisasi dai masa akan datang.

Berikut adalah hasil analisis SWOT pada PT Coca- Cola Bottling.

Aspek Kekuatn pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia.
  1. SDM yang terlatih 
  2. Loyalitas Konsumen Terhadap barnd Coca - Cola 
  3. Brand Image 
  4. Pertumbuhan Penjualan  
  5. Riset dan Development yang Intensif 
  6. Harga Produk Yang Kompetitif 
  7. Keadaan Distribusi dan Pangsa Pasar  
  8. Ramuan yang tidak dimiliki oleh peusahaan lain
  9. Pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen
  10. Lokasi pabrik ada di mana termasuk Jakarta, dan Semarang
  11. Memiliki kepedulian terhadap Lingkungan sekitar
  12. Inovasi secara terus menerus 
  13. Strategi pemasaran yang baik
  14. System informasi yang baik
  15. Kemasan produk yang menarik
Aspek Kelemahan pada PT Coca – Cola Bottling.
  1. Ketersediaan Bahan Baku
  2. Biaya Produksi yang Tinggi
  3. Ancaman PT Coca- Cola terhadap pesaing Produk The yang Semakin Banyak
  4. Kebijkan Pemerintah
  5. Coca – Cola Tidak menghasilkan Produk Yang Organik
  6. Minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan
  7. Sebagai perusahaan beverage memiliki kontrak ekskulisif kepada Pepsi Company
Aspek kesempatan pada PT Coca – cola
  1. Konsumsi minuman berbanding terbalik dengan usia seorang
  2. Teknologi membuat dunia semakin sempit
  3. Semakin meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca – Cola
  4. Minuman ringan dapat diperolah di mana saja
  5. Bahan pendukung utama produk coca-cola dapat diganti dengan produk yang lain.
Aspek ancaman pada PT Coca – Cola Bottling
  1. Coca – cola dapat pesain dari Pepsi dan Cadbburry
  2. Ada banyak minuman subsitusi dari produk minuman yang lain
  3. Peningkatan biaya per unit akibat keterbatasan bahan baku.

Aspek Kekuatn pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia. 
  1. Sebuah Produk Portofolio yang luas
  2. Strategi Pemasaran Agresif (Menggunakan Selebriti Terkenal) 
  3. Best-Selling Brand ke-2 untuk Minuman Softdrink 
Aspek Kelemahan pada PT Coca – Cola Bottling
  1. Target mereka kalangan muda  
  2. Pepsi adalah Terkuat di Amerika Utara
Aspek Kesempatan pada PT Coca – Cola Bottling
  1. Pertumbuhan Industri Minuman Fungsional 
  2. Pertumbuhan Teh RTD dan Minuman Asia
  3. Peningkatan perhatian Konsumen Sehubungan Dengan Air Minum
  4. Pertumbuhan Minuman Sehat 
Aspek Ancaman pada PT Coca – Cola Bottling. 
  1. Mengandalkan hanya Amerika Utara adalah Buruk 
  2. Coca-Cola Meningkatkan Pemasaran dan Belanja Inovasi untuk $ 400 juta di seluruh dunia 
  3. Obesitas dan Kekhawatiran terhadap Kesehatan
 

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Annisa
baik hati dan tidak sombong.....pemarah, pemaaf, suka menolong hihihihi ^_^
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.